Cibinong (10/12/24), MAN 1 Bogor bekerjasama dengan Bank BSI dan BJBS mengadakan pelatihan pelayanan publik di Aula MAN 1 Bogor. Pelatihan ini dikhususkan kepada seluruh pegawai MAN 1 Bogor. Mulai dari Tata Usaha atau Tenaga Kependidikan, satpam, hingga office boy.
Kepala Tata Usaha Bapak H. Rahmatullah menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan. “Bukan hanya sarana prasarana, unsur pendidik atau guru, namun juga dari unsur tenaga kependidikan tanpa terkecuali satpam dan office boy pun akan kami penuhi dan tingkatkan kualitasnya guna tercipta lingkungan madrasah dengan pelayanan prima”, ujar bapak yang juga penggemar sepak bola.
Pria kelahiran Jakarta, 26 Februari 1977 ini menyampaikan alasan diadakannya pelatihan ini bahwa keberhasilan suatu madrasah sebagai lembaga pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Objek utama madrasah yakni peserta didik dan para wali murid. Oleh karena itu seluruh stakeholder yang ada di Madrasah harus mengambil peran dalam memberikan pelayanan terbaik.
Ketua BSI Club RO V JKT 2 Raditya Fatahillah hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini. Pada slide presentasinya ia menyampaikan materi ultimate service dengan tema Jadilah Bestie yang selalu Memberikan Kebahagiaan (Pelayanan Prima). Dalam paparannya ia menyampaikan bahwa ultimate service adalah value dalam melayani yang memastikan pelanggannya untuk terus Kembali lagi dan terikat secara emosional.
Selain narasumber dari BSI, turut hadir pula narasumber dari pihak BJBS memberikan materi. Dalam pelatihan ini, seluruh peserta diberikan pemahaman materi secara teori dan praktik. Mulai dari senyum sapa, intonasi suara, Grooming atau peserta kemudian mampu memahami etika dalam penampilan kerja, Gesture atau peserta kemudian mampu menerapkan sikap professional dalam kerja, cepat tanggap dan lain sebagainya guna memberikan pelayanan prima terhadap konsumen dalam hal ini peserta didik dan orang tua.
Sementara itu, humas MAN 1 Bogor Ibu Hj. Nahlah menyampaikan bahwa upaya peningkatan mutu sudah seyogyanya dilakukan oleh setiap lembaga. Evaluasi dan mengadakan berbagai pelatihan merupakan langkah tepat dalam menggapai suatu keberhasilan. Ia pun berharap, semoga dengan adanya pelatihan ini, mutu madrasah semakin meningkat khususnya dalam memberikan pelayanan prima. *(HM/35)