Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dipimpin oleh Ibu Siti Makhmudah telah melakukan pendampingan ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bogor, terkait kesiapan dalam menjalani Penilaian Mandiri Persiapan Zona Integritas (PMP ZI), Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Pendampingan Itjen Kemenag RI ini adalah bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memastikan integritas serta kebersihan birokrasi dalam instansi pemerintah. Terdapat enam area yang menjadi fokus dalam upaya mencapai Zona Integritas, yaitu: Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja serta Peningkatan Kualitas Layanan Publik.
Pada kunjungan ini, Itjen Kemenag RI mengevaluasi kesiapan MAN 1 Bogor dalam Area 6, yakni aspek Peningkatan Kualitas Layanan Publik. Audit ini mencakup penilaian terhadap berbagai aspek, seperti pelayanan kepada masyarakat, efisiensi proses, dan kualitas layanan yang diberikan.
Dra. Hj. N. Nani Ruhyani, M.Pd, Kepala MAN 1 Bogor, menyambut kedatangan tim Itjen Kemenag RI dengan antusias. Setelah menerima masukan dan hasil audit terkait Area 6 Zona Integritas, Dra. Nani Ruhyani berkomitmen untuk segera melakukan perbaikan, terutama dalam hal program dan dokumen yang terkait dengan pelayanan publik. Kepala TU MAN 1 Bogor, H. Rahmatulloh, SE, M.A.B memimpin penjelasan terkait dengan pelayanan publik yang sudah tersedia di MAN 1 Bogor.
Salah satu langkah penting yang akan diambil adalah pembuatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). PTSP merupakan inisiatif untuk menyederhanakan dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat, sehingga mereka dapat mengakses berbagai layanan secara efisien dan efektif melalui satu loket.
Dalam menghadapi Penilaian Mandiri Persiapan menuju Zona Integritas dan WBBM, MAN 1 Bogor berharap dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan menjadikan lembaga ini cepat memperoleh status sebagai madrasah Zona Integritas.
Pendampingan yang dilakukan oleh Itjen Kemenag RI menunjukkan komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memastikan transparansi dan integritas dalam semua lapisan birokrasi.