Membanggakan! MAN 1 Bogor Raih Medali Silver pada Ajang Robotic Internasional di Korea

Muda Berprestasi! Mungkin itulah kata yang pas untuk menggambarkan tentang prestasi yang diraih oleh Tim Robotic MAN 1 Bogor. Ekstrakulikuler Robotic yang baru dibentuk tahun ini sudah bisa berprestasi bukan lagi pada level ajang lokal, melainkan sudah internasional.

Tim robotic MAN 1 Bogor meraih medali Silver pada ajang International Youth Metaverse Robot Challange IYRMC KOREA 2022 pada 19 Agustus 2022.

Pembimbing Ekskul Robotic, Imam Ramdani, M.Pd merasa bangga atas keberhasilan prestasi yang telah diraih oleh Tim Robotic. Pasalnya, hal tersebut diraih dengan tidak mudah mengingat tim menghabiskan banyak waktu terutama karena harus mengikuti pemusatan persiapan di CIputat.

“Sehingga kami harus terus bulak-balik Bogor-Ciputat dari Pagi hingga Malam hari. Namun berkat dukungan materil dan moril dari Ibu Kamad, Hj Nani Ruhyani M.Pd dan Bapa Kepala TU, H. Rahmatullah S.E M.A.B kami bisa terus menekuni persiapan tersebut, sampai akhirnya dapat menjuarainya” paparnya.

Hal senada disampaikan oleh Pelatih Robotic, Ini Sumitra S.Pd jika pengorbanan dalam mencapai prestasi ini tidaklah mudah, terlebih saat pelaksanaan pelatihan sampai tidak bisa mengikuti agenda sangat penting dari sekolah, yakni Rapat Kerja di Malang.

“Target selanjutnya kami ingin mengikuti Madrasah Robotic Competition.”

Kepala MAN 1 Bogor, Dra. Hj. N. Nani Ruhyani, M.Pd benar-benar merasa bangga atas prestasi Internasional yang diraih oleh Tim Robotic MAN 1 Bogor. Terlebih pembentukan dan persiapan tim robotic yang bisa dibilang singkat, namun berkat kerjasama dan dedikasi dari tim pembimbing sehingga bisa berbuah manis dengan meraih prestasi ini.

“Pak Imam dan Pak Ini sampai tidak bisa ikut ke Malang untuk persiapan ini (Lomba Robotic–red). Selamat atas prestasinya,” ungkapnya.

Konsep Robotic MAN 1 Bogor yang diperlombakan di International Youth Metaverse Robot Challange IYRMC KOREA 2022

Shabrina Aulia SR (XI MIPA 6) mengaku bersyukur telah bisa mengukir prestasi ini. Semua tidak bisa dilepaskan dari dukungan berbagai pihak terutama Ibu Kamad dan Kepala TU yang telah memberikan support materi yang tidak sedikit untuk persiapan tim robotic.

“Perjuangan kami tidak sia-sia meskipun harus merelakan waktu libur dan istirahat kami untuk terus mengikuti persiapan lomba ini,” ungkapnya.

Hak senada diungkapkan oleh Anggota Tim Robotic, Muhammad Dafa Nurhafiz (XI MIPA 2) saat persiapannya harus menemui berbagai kendala teknis, diantaranya salah memasang bagian, salah kode pemograman, salah konsep, sampai revisi yang terus menerus agar tercipta sistem yang baik.

“Ke depan semoga minat terhadap Robotic semakin luas di MAN 1 Bogor,” ungkapnya.

Sedangkan anggota robotic laiinya, Nasywa Aulia Zuhro (XI IPS 2) berharap prestasi ini memacu dirinya untuk bisa menggali lebih pengetahuan tentang robotic.

Tim Robotic MAN 1 Bogor