PERINGATI HARI SANTRI, MAN 1 BOGOR GELAR LOMBA LIWET

Kepala Kemenag Bogor, H. Syukri Ahmad Fanani beserta guru dan siswa MAN 1 Bogor setelah Pelaksanaan Upacara Hari Santri di Lapangan Tegar Beriman, Pemkab Bogor, Sabtu (22/10)

MAN 1 Bogor memperingati Hari Santri 22 Oktober 2022 dengan menggelar lomba membuat nasi liwet ala santri. Kegiatan tersebut digelar setelah pelaksanaan Upacara Hari Santri yang digelar di lingkungan MAN 1 Bogor. Lomba ini diikuti oleh siswa kelas XI dan XII di MAN 1 Bogor.

Kepala TU MAN 1 Bogor, H. Rahmatulloh S.E M.A.B menjelaskan jika perlombaan membuat nasi liwet diselenggarakan mengingat budaya kaum santri yang biasanya mandiri dalam urusan makan, tidak dilayani oleh orangtua seperti di rumah. Sehingga lahirlah tradisi membuat nasi liwet di kalangan kaum santri.

“Tentunya secara esensi (perlombaan nasi liwet ini), kami ingin agar siswa MAN 1 Bogor bisa mandiri, kreatif, serta menghargai makanan sebagai bentuk nikmat dari Allah SWT,” tuturnya.

Sebelumnya, dilaksanakan Upacara Hari Santri dengan memakai kostum ala santri seperti pemakaian koko, peci, dan sarung. Pada Upacara tersebut disampaikan amanat Hari Santri dari Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, serta diucapakan pula Ikrar Santri serta Mars Hari Santri.

Selain upacara di MAN 1 Bogor, peserta didik kelas X juga diutus untuk mengikuti Upacara Hari Santri yang dilaksanakan oleh Pemkab Bogor di Lapangan Tegar Beriman. Setelah itu dilaksanakan Doa dan Dzikir bersama di Pendopo Kabupaten Bogor.